MAU KAYA????

Minggu, 08 Mei 2011

RAJA NANGKA

Meraih Untung Dengan Usahatani

Pisang Raja Nangka


Pisang raja nangka adalah jenis pisang olahan yang sering diremehkan petani, sehingga jarang petani yang sengaja menanamnya. Namun saat ini pangsa pasar pisang tersebut di Propinsi Lampung cukup luas, baik untuk pasar lokal, maupun pasar domestik lainnya terutama Propinsi Banten, Jawa Barat dan DKI Jakarta. Pisang raja nangka terutama dijadikan bahan harga 1 tandan pisang ini bervariasi tergantung mutu. Harga tertinggi untuk 1 tandan di Lampung Selatan, sekitar Rp. 8.000,-.
Di Propinsi Lampung budidaya pisang lokal seperti raja nangka, hanya berupa usahatani sampingan. Biasanya ditanam di pekarangan, batas-batas kepemilikan lahan, lahan yang tidak diusahakan dan kadang-kadang sebagai tanaman pagar. Jenis pisang yang ditanam biasanya beragam. Rerata areal lahan yang dikelola untuk usahatani pisang umumnya sempit, bahkan jarang yang mencapai 0,5 hektar. Petani biasanya tidak punya target produksi dan tidak ada usaha perbaikan produksi. Walaupun Propinsi Lampung merupakan daerah utama serangan penyakit pisang yang mematikan, yaitu layu fusarium yang dalam tahun sembilan puluhan mematikan hampir 700 ribu rumpun pisang. Namun dari pengamatan lapang dan dari hasil uji ketahanan, pisang raja nangka adalah salah satu jenis pisang yang tergolong tahan terhadap serangan penyakit tersebut.
Perbaikan Budidaya Pisang Raja Nangka
Bekerjasama dengan 4 petani lahan kering Lampung Selatan, BPTP Lampung mengkaji prospek usahatani pisang melalui perbaikan pengelolaannya. Sesuai dengan keinginan petani, ketahanan penyakit layu dan juga pertimbangan pasar, ditanam pisang raja nangka, dan disisipkan pisang olahan lainnya (tanduk). Masing-masing petani menanam 0,5 hektar.
Berbagai teknologi pengelolaan tanaman terpadu (PTT) diperkenalkan seperti bibit sehat dari bonggol/anakan, jarak tanam 3x3 meter, pemupukan kimia (urea, SP-36 dan KCI masing-masing 450, 250 dan 250 kg/hektar), pupuk organik (7-10 kg/rumpun), pengendalian penyakit layu dengan trichoderma, jumlah tanaman per rumpun (4 pohon/rumpun) yang dibiarkan berproduksi, pembersihan limbah tanaman baku berbagai macam bentuk produk olahan seperti keripik pisang, gorengan dan sebagainya. Ciri khasnya terutama adalah setelah digoreng rasanya agak sedikit asam.
Pisang ini termasuk jenis pisang besar dengan tinggi tanaman mencapai 3,5 meter. Kalau pertumbuhan baik, di dalam 1 tandan, sisirnya bisa mencapai 7-8, dengan berat sekitar 17-18 kg/tandan. Di tingkat petani dan penggunaan kerodong untuk mengatasi serangan hama burik sekaligus perbaikan mutu buah.
Setelah 3 tahun pelaksanaan pengkajian, salah satu hasil penting adalah berubahnya cara pandang petani koperator dan petani di sekitarnya terhadap prospek usahatani pisang lokal. Kalau sebelumnya mereka anggap sebagai usahatani sampingan, maka setelah 3 tahun pengkajian, usahatani pisang dianggap sebagai salah satu usahatani lahan kering utama.
Hal itu terutama dipicu oleh adanya jaminan pendapatan setiap bulannya dengan jumlah yang lebih dan cukup bagi petani dari usahatani pisang olahan tersebut.
Pada tahun pertama petani memang belum mendapat keuntungan banyak dari pisang, namun mereka mendapat pengembalian dari penanaman jagung sebagai tanaman sela. Pada tahun ke-2 mereka sudah mendapat keuntungan bersih tujuh jutaan/hektar/ tahun dan pada tahun ke-3 duabelas jutaan/hektar/tahun dari pisang . Pada tahun ke-3 produksi pisang nangka sekitar 200 tandan/hektar/bulan, yang setara dengan Rp. 1-1,2 juta/bulan. Pengelolaan yang baik membuat mutu pisang lebih baik dan produksi yang kontinu (2 kali sebulan) juga berpengaruh pada kontinuitas kedatangan agen pengumpul sehingga pemasaran berjalan lancar.
B a r i o t H a f i f
Penulis dari BPTP Lampung
Dimuat pada Tabloid Sinar Tani, 19 Juli 2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMAKASIH, semoga bermanfaat.....