MAU KAYA????

Rabu, 08 Juni 2011

200 TRUK PISANG PER HARI

PISANG LAMPUNG DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH
Kalau Anda berkesempatan jalan darat dari Jakarta ke Bandar Lampung, paling tidak tiap setengah jam akan berpapasan dengan truk yang penuh pisang. Sebab tiap harinya sekitar 50 truk pisang menyeberang dari Bakauhuni ke Merak. Daya angkut truk-truk itu sekitar 6 ton pisang segar. Harga pisang “rames” yang masih tandanan ini di tingkat petani Rp 300,- per kg. Yang “super” Rp 600,- per kg. Padahal di Jakarta, harga pisang-pisang “rakyat” itu per sisir bisa mencapai Rp 3.000,- sampai Rp 5.000,-  Dengan harga jual di tingkat petani Rp 300,- per kg, maka omset pisang lampung di tingkat petani, diperkirakan minimal sekitar Rp 32  milyar per tahun. Angka produksi tahun 1999 tercatat sebanyak 218.268 ton. Kalau dihitung rata-rata berarti mencapai 100 truk per hari, dengan total omset Rp 65 milyar. Sementara di DKI angka itu akan menggelembung menjadi minimal Rp 200 milyar.
Banyak kalangan yang menduga, selisih angka yang mencapai Rp 135 milyar itu “dinikmati” oleh tengkulak. Kenyataannya, tengkulak pun mengeluhkan ihwal perdagangan pisang ini. Keluhan utama mereka adalah rendahnya mutu pisang rakyat dan kurangnya pasokan selama sekitar 3 sampai 5 bulan pada saat musim kemarau. Selisih angka itu sebagian besar digunakan untuk menanggung resiko rusak yang mencapai 30 sampai 40%. Selebihnya untuk ongkos angkut, biaya siluman, preman dan keuntungan. Kalau dalam keadaan  normal, tiap harinya rata-rata 50 truk pisang menyeberang dari Bakauhuni ke Merak, maka ketika  sepi paling banyak hanya sekitar 10 truk. Omset pisang rakyat ini masih bisa ditingkatkan dua kali lipat. Dan ini merupakan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang lumayan untuk dikembangkan dalam rangka otonomi daerah di waktu-waktu mendatang.
Selama ini di masyarakat Lampung dikenal dua istilah pisang. Rames dan super. “Rames” adalah istilah untuk pisang campuran yang mutunya juga sangat rendah. Sementara pisang “super” digunakan masyarakat untuk menyebut pisang-pisang yang lebih homogen dengan kualitas yang relatif lebih baik. Jenis yang paling favorit diminta pasar adalah ambon kuning, raja bulu merah, raja sereh kecil (susu), kepok kuning, mas dan tanduk. Semua jenis favorit ini tidak tahan penyakit, kecuali mas. Pisang-pisang lain yang tahan penyakit adalah ambon lumut, ambon putih, nangka, kepok putih, raja bulu putih, muli, raja sereh besar dan lilin yang semuanya tidak terlalu disukai pasar. Pisang-pisang yang harganya relatif murah inilah yang lazim disebut sebagai pisang “rames” oleh masyarakat. Cara pemetikannya tanpa menghitung tingkat ketuaan, pengangkutannya dengan menumpuk tandan secara tidur dalam bak truk. Tak heran kalau tingkat kerusakan yang ditimbulkannya bisa mencapai 30 sampai 40% setelah tiba di Jakarta atau Bogor.
Dalam keadaan “puncak”, arus pisang rakyat dari Lampung ke DKI dapat mencapai 200 truk per hari. Atau rata-rata setiap  7 menit kita akan berpapasan dengan truk pisang. Pisang-pisang itu akan masuk ke Pasar Induk Cibitung, Pasar Induk Kramat Jati dan ke Cibedug, Ciawi serta ke beberapa kecamatan lain di Kabupaten Bogor. Yang masuk ke pasar Induk selanjutnya akan menjadi pisang goreng, untuk konsumsi rumah sakit, asrama, rumah makan, peserta pertemuan, seminar dan pesta. Sementara yang masuk ke Kab. Bogor akan disortir, diperam dan dipasarkan ke jalur wisata Puncak dan Sukabumi, serta masuk ke pasar swalayan Jakarta. Kira-kira 90 % pisang yang dipasarkan di DKI dan jalur wisata Puncak/Sukabumi berasal dari Lampung. Pisang-pisang rakyat dari Jawa Barat hanya  masuk ke pasar-pasar lokal, termasuk pasar lokal di DKI. Pisang Jawa Tengah selama ini  mutunya dikenal paling baik dan selalu habis di Jawa Tengah. Demikian pula pisang di Jawa Timur yang sentranya terdapat di Malang selatan dan Lumajang akan habis terserap oleh  Surabaya serta Denpasar.
Produksi pisang Lampung tidak seluruhnya diangkut ke Jakarta dalam bentuk segar. Industri keripik pisang telah tumbuh dengan baik dan tiap tahunnya mampu menyerap pisang ambon setengah matang sampai 1.780 ton. Banyak kalangan yang menduga bahwa industri keripik pisang adalah penyerap pisang-pisang afkir atau jenis-jenis yang tidak disukai pasar segar. Dugaan ini tidak benar sebab yang bisa diserap industri keripik hanyalah pisang ambon kualitas baik. Apabila pasokan pisang ambon berkurang, barulah mereka bersedia mengambil cavendish sebagai pilihan terakhir. Pisang-pisang “rames” sama sekali tidak pernah masuk ke industri keripik. Dalam keadaan pasokan normal, industri keripik hanya bersedia menerima pisang ambon kualitas super, meskipun cavendish terbuang-buang untuk pakan sapi. Di provinsi Lampung tercatat ada 13 perusahaan keripik besar. Salah satunya yang paling populer adalah Suseno. Selain itu masih ada puluhan industri keripik skala rumahtangga. Hampir seluruh produksi keripik ini dibawa  ke luar Lampung. Untuk dipasarkan di luar Lampung atau sebagai oleh-oleh khas dari provinsi ini.
Di Lampung, sudah sejak jaman “transmigran” dulu, pisang rakyat dibudidayakan secara homogen. Artinya petani tersebut hanya khusus menanam pisang di petak lahannya. Namun budidaya yang mereka lakukan masih menggunakan pola tradisional. Tidak diairi, tidak dipupuk dan tidak dilakukan pengambilan anakan. Akibat tidak dilakukan pengairan secara baik, maka selama musim kemarau antara 3 sd. 5 bulan, produksi akan terganggu. Sementara pada musim hujan produksi melimpah dan harga akan jatuh. Padahal di Lampung banyak dijumpai sungai yang di musim kemarau pun debitnya masih cukup besar. Dengan pompanisasi sederhana, sungai-sungai ini bisa disedot untuk mengairi pisang. Biaya pompa sederhana ini sekitar Rp 5.000.000.- dan bisa mengairi antara 5 sd. 10 hektar lahan. Pola semacam ini sudah banyak diterapkan oleh masyarakat di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo maupun Citarum untuk menanam padi atau palawija di lahan tadah hujan mereka.
Dengan adanya pengairan yang baik, panen pisang akan bisa berlangsung sepanjang tahun tanpa terhenti. Kualitas pisang pun akan pisa ikut diperbaiki. Tahun lalu Skim Kredit Usaha Tani (KUT) untuk pisang ditetapkan Rp 3.500.000,- per hektar. Skim ini dimaksudkan untuk melakukan perawatan, terdiri dari pengairan, pemupukan dan penjarangan anakan. Namun skim-skim demikian banyak diakali oleh aparat Dinas Pertanian, Penyuluh maupun Koperasi. Cara mereka menipu adalah dengan membujuk petani agar mau menanam bibit “kultur jaringan”. Harga bibit kultur jaringan di pasar bebas sekitar Rp 2.500,- per bibit. Tiap hektar lahan akan diperlukan 1.000 bibit. Jadi untuk menanami 1 hektar lahan, sudah diperlukan dana untuk pembelian bibit sebesar  Rp 2.500.000,- Hingga uang KUT yang hanya Rp 3.500.000,- itu akan tinggal Rp 1.000.000,- dan itu hanya cukup untuk biaya penanaman.
Bibit-bibit pisang kultur jaringan itu pada akhirnya hancur oleh serangan cendawan Fusarium, bakteri Pseudomonas dan penyakit-penyakit pisang lainnya. Serangan penyakit terhadap pisang yang ditanam homogen, lebih-lebih yang berasal dari bibit kultur jaringan memang sangat ganas. Petani menjadi buntung sementara aparat Dinas, Penyuluh dan Koperasi sudah bisa mendapatkan keuntungan dari margin perdagangan bibit. Hal semacam ini sangat sulit untuk dibuktikan di lapangan, meskipun para petani dan masyarakat pada umumnya sangat merasakan adanya “bau” KKN. Padahal, apabila uang Rp 3.500.000,- per hektar itu benar-benar digunakan untuk mengairi tanaman, memupuk dan menjarangkan anakan, maka petani akan bisa penen minimal 3 kali selama setahun dari sebelumnya 2 kali setahun. Kualitasnya pun akan meningkat. Kalau sebelumnya rata-rata  berisi 6 sisir, akan menjadi rata-rata 8 sisir. Beratnya akan naik dari rata-rata 10 kg menjadi 15 kg per tandan. Dan harganya berubah pula  dari Rp 300,- per kg (rames) menjadi Rp 500,- atau dari Rp 600,- (super) menjadi Rp 800,- di tingkat petani. Dengan modal Rp 3.500.000,- per hektar itu, kenaikan pendapatan petani bisa mencapai Rp 12.500.000,- per hektar. Namun hal ini baru bisa dicapai apabila para petani bersedia mengelompok hingga luasan areal mereka mencapai 5 sampai dengan 10 hektar.
Kondisi lapangan demikian tidak pernah disadari oleh aparat Departemen Pertanian maupun Dinas Pertanian Tanaman Pangan setempat. Mereka lebih banyak mengeluhkan masalah pemasaran. Misalnya saja, mereka beranggapan selama ini para petani hanya menjadi obyek pemerasan tengkulak. Kalau para petani itu berniat memasarkan sendiri produk mereka ke Pasar Induk, maka mereka akan berhadapan dengan “mafia” Pasar Induk yang sulit untuk ditembus. Sementara pasar ekspor juga tidak pernah menjanjikan apa-apa selain serangkaian kesulitan dan kerumitan persyaratan. Kesemrawutan permasalahan pisang rakyat di Lampung ini masih pula ditambah dengan kenyataan bahwa kebun pisang cavendish PT Nusantara Tropical Fruits (NTF) di Wai Jepara, Lampung Tengah seluas lebih dari 2.000 hektar, sekarang ini dalam kondisi “dorman” berat. Kapasitas produksinya tinggal kurang dari 20% dari kapasitas normalnya akibat hajaran penyakit.

86 komentar:

  1. blog yang cukup informatif, klo boleh, apakah saya dapat berkomunikasi atau menghubungi Bapak Guntoro Dwi Agus? Bagaimana caranya saya dapat menghubungi Bapak?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
      DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
      HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

      …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

      **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
      1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
      2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
      3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
      4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

      …=>AKI KANJENG<=…
      >>>085-320-279-333<<<






      SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
      DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
      HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

      …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

      **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
      1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
      2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
      3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
      4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

      …=>AKI KANJENG<=…
      >>>085-320-279-333<<<

      Hapus
  2. Dibutuhkan pisang tanduk dlm jumlah besar hub:085397729774 pin bb:53dc5404

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima harga berapa Di situ saya bisa jg paling 30 tandan ke bawah

      Hapus
    2. Terima harga berapa Di situ saya bisa jg paling 30 tandan ke bawah

      Hapus
    3. Monggo kalau mau ada pisang raja nangka lokasi di pekalongan jawa tengah
      Hub 085869593453
      Bbm 58C7A7CD

      Hapus
    4. masih butuh pisang tanduk gan ?

      Hapus
    5. masih butuh pisang tanduk gan ?

      Hapus
    6. Dibutuhkan pisang tanduk 10 ton seminggu, daerah binjai sumut, serius bila ada barang diantar tempat dan dibayar cash, pisang mentah tapi tua

      Hapus
  3. Menginspirasi sekali artikelnya.

    BalasHapus
  4. Pemerintah tidak ikutserta membantu petani sehingga petani mati dengan sendirinya

    BalasHapus
  5. Boleh saya menghubungi bapak secara langsung? Saya membutuhkan pisang uli utk area bogor. 085648432068 / 082213529209. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo serius hb sya.087770408788

      Hapus
    2. Bpak butuh pemasok, saya siap untuk daerah bogornya ..

      Hapus
    3. Bpak butuh pemasok, saya siap untuk daerah bogornya ..

      Hapus
  6. Jual beli pisang lampung atau daerah 087727727872 harga miring

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daerah bogor depok harga uli 4500 ambon 6000 kepok 5500 dll masih bisa nego

      Hapus
    2. Daerah bogor depok harga uli 4500 ambon 6000 kepok 5500 dll masih bisa nego

      Hapus
  7. Jual beli pisang lampung atau daerah 087727727872 harga miring

    BalasHapus
  8. gunung patinya daerah mana pak... sy jg semarang

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Yang butuh pisang ambon,raja,nangkah
    Bs hub 085230194754
    085230194754

    BalasHapus
  11. Yang butuh pisang ambon,raja,nangkah
    Bs hub 085230194754
    085230194754

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mlm pak...saya anna..mau tanya pisang ambon hrga brapa ya pak klo di jual lg ke pasar...makasih

      Hapus
  12. Yg butuh pisang nangka ,raja bulu, uli ambon cavendish , ambonlumut ,kapas , bisa hub 089654600660/085315256029 ...
    Saya dari area garut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Garut mya di mana pak ..saya butuh 1 ton per hari..

      Hapus
    2. Masih ada caumya?
      Saya dari garut juga, butuh rajabulu 1,5t perminggu.

      Hapus
    3. Saya butuh pisang raja sereh dan tanduk unutuk daerah bandung

      Hapus
    4. Siap pisang raja bulu & ambon 1000 tandan up. Kontak 08112638318

      Hapus
  13. yang butuh pisang ambon.bisa hubungi 085718124224/085263168018 siap antar ke jabodetabek

    BalasHapus
  14. yang butuh pisang ambon.bisa hubungi 085718124224/085263168018 siap antar ke jabodetabek

    BalasHapus
  15. Monggo kalau mau ada pisang raja nangka lokasi di pekalongan jawa tengah
    Hub 085869593453
    Bbm 58C7A7CD

    BalasHapus
  16. Monggo kalau mau ada pisang raja nangka lokasi di pekalongan jawa tengah
    Hub 085869593453
    Bbm 58C7A7CD

    BalasHapus
  17. Yg butuh pisang lampung campur.pisang janten pisang muli ambon kepok.siap antar jabotabek.082175608489

    BalasHapus
  18. Yg butuh pisang lampung campur.pisang janten pisang muli ambon kepok.siap antar jabotabek.082175608489

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berapa Harga nya . Saya Butuh 10 Ton Pisang .

      Hapus
  19. Bagi yang serius butuh pisang sya sedia berbagai jenis pisang siap antar...hb sya..087770408788

    BalasHapus
  20. Yang butuh pisang kepok kuning putih
    Saya siap suplay 70ton setiap minggu nya,, jdi berminat hubungin sya 082211290130 butuh keseriusannya gan.!!

    BalasHapus
  21. Yang butuh pisang kepok kuning putih
    Saya siap suplay 70ton setiap minggu nya,, jdi berminat hubungin sya 082211290130 butuh keseriusannya gan.!!

    BalasHapus
  22. Yang butuh pisang kepok kuning putih
    Saya siap suplay 70ton setiap minggu nya,, jdi berminat hubungin sya 082211290130 butuh keseriusannya gan.!!

    BalasHapus
  23. Yang butuh pisang kepok kuning putih
    Saya siap suplay 70ton setiap minggu nya,, jdi berminat hubungin sya 082211290130 butuh keseriusannya gan.!!

    BalasHapus
  24. Bagi home industri daerah jateng saya menyediakan pisang uli dalam jumlah besar..
    Silahkan hub 082242998209
    Pin 5F4857DE

    BalasHapus
  25. bagi agan agan yang butuh pisang nangka, muli,uli,ambon hubungi 081564981045

    BalasHapus
  26. bagi agan agan yang butuh pisang nangka,muli,uli,ambon hubungi 081564981045

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Boss, kalo bener,untuk pisang ambon berapa / kg atau per tandannya untuk kelas super tolong di balas ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya lagi cari penampung pisang area jakarta ,selengkapnya saya tunggu di whatsapp 089601784326

      Hapus
  29. Boss, kalo bener,untuk pisang ambon berapa / kg atau per tandannya untuk kelas super tolong di balas ya...

    BalasHapus
  30. Ya butuh pisang kepok dari bengkulu segera hubungi kami ke nomor hp 085280874788 .bagi yg berminat untuk membeli dalam jumlah besar dan benar benar pembeli yg benar.

    BalasHapus
  31. yang butuh pisang kepok untuk jawa barat pertai besar saya ada 081909882371

    BalasHapus
  32. Sy butuh banyak pisang tanduk bisa bantu ya Pak di no. sy 08128813572

    BalasHapus
  33. saya lagi butuh pisang untuk dijual daerah bali , butuh pisang susu , ambon , raja , candi , raja nangka . hubungi saya 087761614139 .

    BalasHapus
  34. silahkan bagi rekan-rekan yang butuh pisang dari NTT silahkan telp/WA: 085236600685

    BalasHapus
  35. Dimana ya petani pisang barangan dilampung. Sy mau masok pisang kejakarta.. plis info..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dri Aceh tenggara..
      Di daerah saya melimpah pisang barangan?
      Ini no wa saya : 082272546886

      Hapus
    2. Boleh kontak saya pak 089601784326

      Hapus
    3. Saya supplyer pisang hubungi 081212590318

      Hapus
  36. saya butuh penjual pisang bingung untuk penjualan nya kuota lampung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya punya pisang barangan dalam jumlah besar pak
      Mana tau bapak mau menampung

      Kalo minat hubungin ke nomer saya
      Reza
      082276725701

      Hapus
  37. Info dong yg mau ngirim pisang ke ibu saya..kebetulan langganan biasa pengirim dari Lampung..sedang berhalangan..yg ingin kerja sama ngirim pisang ke Jakarta saya tunggu kabarnya ya.. terimakasih

    BalasHapus
  38. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  39. Barangkali ada yg butuh pisang barangan dalan jumlah besar saya bisa pasok...
    Kalo ada yg minat call aja ya ke nomer saya

    Reza
    082276725701

    BalasHapus
  40. Saya Hadi dari surabaya,Sedia Pisang Raja dari Flores. Harga Jual Pertandan, dalam Jumlah Besar. Info WA. 082266107666

    BalasHapus
  41. Saya butuh pisang raja bulu jumlah besar rutin mingguan. Silahkan WA : 08112007336

    BalasHapus
  42. silahkan yang minat pisang raja nangka,saya bisa suplay secara continue
    untuk wilayah jawatengah
    081909309455

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya cari pisang kepok rutin jumlah besar. 081394901917, mundzirin

      Hapus
  43. Saya butuh pisang tanduk dan kepok pipit per hari 15 ton...serius hub wa di 086865133767

    BalasHapus
  44. Ssya butuh pisang kepok pipit dsn pisang tanduk,15 ton per hari.serius hub wa 086865133767

    BalasHapus
  45. Artikel nya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  46. saya butuh pisang tanduk area semarang rutin jmlh lumayan besar.bisa hub 085327706666

    BalasHapus
  47. Butuh pisang kepok merah Jawa,bisa suply sehari 5 truk untuk dikirim ke solo,hub. wa only 081225497489

    BalasHapus
  48. Saya butuh pisang tanduk super. Posisi saya di cibinong ;bogor 085747978278

    BalasHapus
  49. Saya butuh pisang tanduk super, posisi saya di cibinong bogor. 085647878278

    BalasHapus
  50. Saya butuh pisang kepok lokal ama pisang tanduk kualitas tua" bagus siap nerima 1 ton hub:washatp 087788765115

    BalasHapus
  51. saya dari Madura siap jadi pemasok
    yg membutuhkan pisang raja

    BalasHapus
  52. saya siap sediakan pisang kepok untuk burung, untuk kripik dan gorengan

    BalasHapus
  53. bisa hubungi saya 082111146237, daerah jakarta

    BalasHapus

TERIMAKASIH, semoga bermanfaat.....